MARKNEWS.ID, YOGYAKARTA – Menutup rangkaian program hiburan spesial selama liburan sekolah, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta kembali menggelar kegiatan “Kids Activity Schooliday” di Stasiun Yogyakarta pada Jumat (11/7). Kegiatan ini menjadi penutup dari empat rangkaian acara serupa yang sebelumnya telah digelar dua kali di Stasiun Yogyakarta dan sekali di Stasiun Lempuyangan.

Program ini menjadi inisiatif KAI Daop 6 dalam menghadirkan atmosfer baru di area stasiun, khususnya untuk penumpang anak-anak dan keluarga yang memanfaatkan masa liburan sekolah untuk bepergian dengan kereta api.

Menurut Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih, kegiatan ini merupakan bentuk penghargaan terhadap loyalitas pelanggan.

“Kids Activity ini berisi berbagai kegiatan menarik dan menyenangkan bagi penumpang anak yang dapat menikmati waktu menunggu keberangkatan dengan kegiatan seru seperti mewarnai dan magician performance. Daop 6 Yogyakarta juga membagikan es krim secara gratis kepada penumpang anak-anak yang berpartisipasi dan membagikan voucher perawatan gratis dari Babies Glow untuk orang tua atau pendamping,” ujar Feni.

Lebih dari sekadar menghibur, program ini dirancang untuk membangun nuansa hangat dan ramah keluarga di area stasiun selama masa padat penumpang akibat libur sekolah.

“Kami ingin menghadirkan pengalaman yang berbeda bagi penumpang, tidak hanya dari sisi layanan transportasi, tapi juga dari suasana dan interaksi yang menyenangkan di stasiun. Ini sebagai bentuk apresiasi kami sekaligus untuk memberikan pengalaman liburan yang makin berkesan, unik dan positif,” ungkap Feni.

Kehadiran kegiatan ini juga menjadi salah satu cara KAI memperkuat keterikatan emosional antara perusahaan dengan para pengguna jasa, terutama keluarga muda yang membawa anak-anak dalam perjalanannya. Dalam kegiatan ini, stasiun tak lagi sekadar tempat transit, tetapi diubah menjadi ruang publik yang hidup dan interaktif.

KAI Daop 6 berharap program semacam ini bisa terus dikembangkan sebagai bagian dari inovasi layanan pelanggan. Tidak hanya mengedepankan efisiensi dan kenyamanan perjalanan, tetapi juga pengalaman menyenangkan sejak sebelum kereta tiba di peron.

Dengan pendekatan ini, KAI tidak hanya menjadi penyedia transportasi, tetapi juga bagian dari memori indah keluarga selama liburan, menciptakan pengalaman yang meninggalkan kesan mendalam bagi generasi muda.

 

Reporter: M Saifullah Rifat

Tag