MARKNEWS.ID , YOGYAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta memastikan bahwa seluruh perjalanan kereta api kembali berjalan normal di wilayah Stasiun Pegaden Baru, Daop 3 Cirebon, pasca-evakuasi KA Argo Bromo Anggrek. Kereta pertama yang berhasil melintas di jalur tersebut adalah KA Argo Lawu (KA 14) relasi Gambir–Solo Balapan pada pukul 10.57 WIB dengan kecepatan terbatas.
Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih, menyampaikan bahwa proses evakuasi KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi–Gambir telah selesai dilakukan secara aman pada pukul 07.07 WIB. Setelah evakuasi rampung, tim KAI langsung melakukan upaya perbaikan prasarana secara intensif untuk memastikan jalur dapat kembali dilalui dengan aman.
“Secara bertahap normalisasi operasional perjalanan KA terus dilakukan termasuk KA dari dan menuju Daop 6 Yogyakarta. KAI Daop 6 akan terus mengupdate informasi kondisi terkini operasional perjalanan KA,” jelas Feni dalam keterangannya.
Ia menambahkan, pihaknya menyampaikan apresiasi kepada para penumpang yang telah menunjukkan kesabaran selama proses penanganan gangguan berlangsung.
“Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh calon penumpang atas kesabaran dan pengertiannya selama proses penanganan gangguan berlangsung. KAI terus berkomitmen mengoptimalkan pelayanan dan menjamin keselamatan serta kenyamanan perjalanan kereta api,” imbuh Feni.
KAI Daop 6 juga memastikan bahwa seluruh armada dan prasarana telah melalui serangkaian pemeriksaan keselamatan sebelum dioperasikan kembali. Evaluasi dan peningkatan sistem operasional terus dilakukan guna meminimalisasi potensi gangguan serupa di kemudian hari.
Bagi penumpang yang terdampak dan ingin melakukan pembatalan tiket atau mengubah jadwal perjalanan, KAI menghimbau agar segera mengunjungi loket pembatalan di stasiun keberangkatan. Adapun proses pembatalan tiket dapat dilakukan maksimal 7×24 jam dari jadwal keberangkatan yang tercantum pada tiket.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai status perjalanan maupun pembatalan tiket, pelanggan dapat menghubungi Contact Center KAI 121 melalui telepon di nomor 021-121 atau melalui WhatsApp di 0811-1211-1121.
Langkah sigap ini menjadi bukti komitmen KAI dalam menjamin kelancaran, keamanan, dan kenyamanan layanan transportasi kereta api bagi seluruh masyarakat.
Tinggalkan Balasan Batalkan balasan