Yogyakarta Kampanyekan “Ready for Safe Tourism”


MARKNEWS.ID, Yogyakarta – Meskipun Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih dalam tanggap darurat covid-19, namun kegiatan wisata sudah mulai bergerak. Para pelaku wisata mengkampanyekan wisata aman virus corona dengan berbagai syarat untuk menuju “Ready for Safe Tourism”. 

Secara nasional, saat ini sudah masuk ke era new normal. Di tengah pandemi ini, masyarakat mulai menjalankan rutinitas normalnya, seperti bekerja dan berolahraga hingga berwisata. 

“Banyak sekali orang yang sudah mulai berkumpul untuk beraktivitas di luar, terutama di pusat-

pusat kota dan objek wisata di Yogyakarta. Kami melihat adanya kerinduan masyarakat untuk 

dapat kembali berwisata di Yogyakarta,” kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Edy Setijono, saat kampanye wisata aman dari virus corona di Tugu Pal Putih, Yogyakarta l, Ahad, 28 Juni 2020.

Namun, sayangnya, kata dia masih banyak pula masyarakat yang abai dalam penerapan protokol new normal. Seperti kurang menjaga jarak dan belum menggunakan masker. Kegiatan kampanye Ready For Safe Tourism ini bertujuan untuk menimbulkan kesadaran masyarakat dalam penerapan Protokol New Normal saat beraktivitas di luar rumah untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di DIY.

Di Yogyakarta, beberapa objek titik keramaian dapat dilihat mulai dikunjungi oleh masyarakat. Objek utama seperti Tugu Yogya, Grha Sabha Permana (UGM), kawasan Malioboro dan Titik Nol Kilometer dapat dipastikan menjadi lokasi berkumpul aktivitas masyarakat, khususnya saat hari libur.

Di tengah persiapan berbagai pengelola wisata maupun area publik dalam penerapan protokol kesehatan covid-19, banyak dijumpai warga yang masih abai untuk menerapkan protokoler kesehatan selama beraktivitas. Penggunaan masker, jaga jarak serta jaga kebersihan tubuh menjadi 

beberapa poin utama yang perlu ditanamkan kepada masyarakat.

Supaya mulai menjadi nilai-nilai 

utama dalam menjalankan kehidupan di masa New Normal ini. 

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko bekerjasama dengan Grab Indonesia dan Direktorat Pengamanan Objek Gol ya Polda  DIY dan didukung oleh Telkom Indonesia dan Pertamina 

mengadakan kegiatan kampanye “Ready for Safe Tourism” in8.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar lebih sadar dan peduli terhadap pentingnya protokol kesehatan di era New Normal saat ini. Ready for Safe Tourism merupakan suatu gerakan yang diinisiasi oleh TWC sebagai salah satu pelaku industri pariwisata di Yogyakarta, untuk mengajak masyarakat berperan aktif bersama 

dalam penerapan protokoler kesehatan di tempat umum, terutama pada titik-titik kumpul atau obyek pariwisata di Yogyakarta.

Kampanye Ready for Safe Tourism ini dilaksanakan dengan kegiatan konvoi menggunakan GrabWheels yang diikuti oleh 50 peserta dari PT TWC, Grab, PAM Obvit dan BUMN lainnya. 

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini juga menerapkan protokol kesehatan, seperti pengecekan 

suhu badan peserta sebelum mulai beraktivitas, wajib menggunakan masker dan tetap physical 

distancing. Rute konvoi dimulai dari Universitas Gajah Mada menuju Tugu Pal Putih, Titik Nol Yogyakarta dan berakhir di Pagelaran Alun-Alun Utara Yogyakarta. 

Pada setiap titik pemberhentian, warga dapat turut berpartisipasi untuk ikut kampanye protokol 

New Normal dengan upload foto pada virtual photobooth yang telah disediakan. Setelah itu, warga 

dapat upload ke media sosial masing-masing untuk mendapatkan hadiah menarik. 

Direktur Pengamanan Obyek Vital Polda DIY Komisaris Besar Achmadi mengajak kepada seluruh warga untuk mendukung program pemerintah dalam upaya 

melaksanakan New Normal di setiap sendi kehidupan, salah satunya adalah dunia pariwisata. 

“Marilah kita turut mendukung upaya pemerintah dalam memberantas pandemi Covid-19, agar 

Indonesia dapat segera terbebas dari pandemi dan kehidupan berjalan normal kembali, termaksud sektor pariwisata,” kata dia.

FULL

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Harus diisi *

0 komentar