Peringatan Bagi Pemancing, Motor Gampang Dicuri


MARKNEWS.ID, Yogyakarta – Bagi para hobiis mancing ikan, harus hati-hati. Sebab, ada pencuri sepeda motor spesialis milik para pemancing. Pencuri menyasar sepeda motor pemancing karena sering lengah.

Polisi Resor Kulon Progo,  Daerah Istimewa Yogyakarta menangkap dua pencuri sepeda motor milik para pemancing ikan yang lengan. Dari tangan mereka, polisi menyita sepuluh sepeda motor berbagai jenis dan merek.

“Dua pencuri sepeda motor kami amankan.  Barang bukti berupa sepuluh sepeda motor hasil curian. Mereka mengincar sepeda motor para pemancing ikan,” kata Ajun Komisaris  Ngadi, Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kulon Progo, Jumat 14 Juni 2019.

Para pencuri spesialis sepeda motor milik pemancing yang ditangkap polisi adalah AA (20) dan Ta (33). Keduanya merupakan warga Desa Wonoroto, Windusari, Magelang, Jawa Tengah. Mereka merupakan residivis. Kejahatannya sama yaitu pencurian sepeda motor.

Dua tersangka ini melakukan pencurian di berbagai wilayah yaitu di Kulon Progo,  Sleman, Purworejo dan Magelang. Mereka ditangkap beberapa hari lalu.

Ngadi menambahkan, penyelidikan polisi berdasarkan laporan seorang korban. Pada seorang korban sedang memancing ikan di di Pundak, Kembang, Nanggulan, Kulon Progo, 16 Mei 2019 yang lalu.

Saat itu korban tengah memancing Usai memarkir sepeda motornya, korban turun ke sungai dan meninggalkan sepeda motornya dalam posisi terkunci.

“Saat hendak kembali, sepeda motor korban sudah tidak ada,” kata Ngadi.

Kasus inipun dilaporkan kepada polisi. Berbekal laporan inilah, polisi melakukan penyelidikan yang akhirnya mengarah pada keterlibatan kedua pelaku.

Dari pengakuan mereka, sepeda motor ini dibobol dan dicuri dengan menggunakan kunci  letter T. Sebagian sepeda motor sudah dijual kepada tetangganya dengan harga antara Rp 1 juta hingga Rp 2 juta tergantung merek dan jenis kendaraan.  

“Ada 2 sepeda motor dengan tempat kejadian di Kulonprogo, sisanya di Sleman, Purworejo dan Magelang,” kata dia.


Salah satu tersangka, Ta mengaku sengaja mengincar sepeda motor milik para pemancing. Para korban kerap lengah dan tidak memperhatikan kendaraan mereka.


“Paling lama  lima menit sudah bisa bawa kabur,” kata  Ta.  


Para tersangka dijerat dengan pasal 363 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tentang pencurian dengan ancaman tujuh tahun penjara.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Harus diisi *

0 komentar