Perempuan Bermasker Tebar Duit saat Pandemi Corona

Perempuan bermasker berbagi rezeki di saat pandemi Corona

MARKNEWS.ID, Yogyakarta – Sore itu di jalan Urip Sumoharjo hingga Tugu Yogyakarta ramai warga berebut duit. Ternyata ada seorang perempuan bermasker dengan mobil Hummer warna orange menebar duit untuk warga yang terkena dampak Covid-19, Ahad, 3 Mei 2020.

Warga di kawasan pertokoan Jalan Urip Sumoharjo Yogyakarta dikejutkan kemunculan sosok wanita yang bagi-bagi uang dari atas mobil. Aksi berbagi rezeki tak terduga itu mengundang perhatian. Karyawan toko, juru parkir, pedagang maupun pengemudi ojek online yang kebetulan berada tidak jauh dari toko Gardena berhamburan berebut uang.

Dari sejumlah video yang beredar di media sosial dan percakapan, wanita yang mengenakan jaket serta masker hitam itu terlihat berdiri di sunroof mobil. Lembaran demi lembaran uang di tangannya berpindah tangan ke warga yang berkerumun sambil berlari-lari kecil mengikuti mobil bercat merah itu. Bahkan ada warga berlari-lari mengikutinya sampai perempatan Galeria Mall dan depan RS Bethesda Jalan Jenderal Sudirman. Sebelum sampai Tugu Yogyakarta, para pekerja bangunan di sebuah proyek hotel berhamburan keluar dari tempat kerja mereka begitu mengetahui ada aksi bagi-bagi rezeki.

Bukan hanya uang yang dibagikan. Di belakang mobil mahal itu ada mobil-mobil lain disertai 50-an lebih sepeda motor membawa nasi bungkus, minuman dan masker yang juga dibagikan kepada warga sepanjang jalan yang dilalui konvoi tersebut.

Ternyata perempuan bermasker itu adalah Yuni Astuti, Ketua Badan Pengusaha Pemuda Pancasila Daerah Istimewa Yogyakarta. Ditemui di rumahnya di Jalan Sambisari Sleman, dia mengakui dirinya tergerak bagi-bagi uang karena tidak tahan melihat kondisi yang dialami masyarakat terdampak wabah virus Corona atau Covid-19. Ia juga mengaku meniru presiden Joko Widodo dengan berbagi peduli.

“Wabah ini sangat mempengaruhi perekomian masyarakat DIY. Banyak warga kehilangan pekerjaan akibat berhentinya aktivitas ekonomi dan  kepariwisataan,” kata dia.

Ditanya berapa total uang yang disebar, Yuni yang juga istri dari Faried Jayen Soepardjan selaku Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) DIY ini menolak menyebutkan angkanya secara pasti. supaya niat baik itu tidak menjadi riya’.

“Saya terinspirasi Pak Jokowi yang membagi-bagikan sembako,” kata dia.

Saat berbagi  itu, juga disebar sebanyak 2.400 masker dan 2.000-an nasi bungkus serta minuman langsung habis dalam waktu singkat, sore itu untuk berbuka puasa. 

Faried Jayen Soepardjan menyatakan sebenarnya bakti sosial seperti ini rutin diselenggarakan Pemuda Pancasila (PP) DIY. Setiap bulan Ramadan, kegiatan itu dikemas dengan Baksos Akbar PP DIY.

Pada Ramadan tahun sebelumnya ribuan anggotanya turun jalan membagikan takjil. Tahun ini peserta dibatasi jumlahnya karena wabah Corona sekaligus untuk mengurangi kerumunan. Peserta baksos berangkat dari Markas Sekretariat MPW PP DIY Jalan Laksda Adisutjipto km 7,5 Yogyakarta. 

“Kami membagikan menu buka puasa untuk membantu masyarakat sekaligus mengedukasi agar memakai masker di saat pandemi Covid-19,” kata Faried Jayen.

FULL

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Harus diisi *

0 komentar