Pemuda Pancasila: RUU HIP Berpotensi Pecah Belah Bangsa 

Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Daerah Istimewa Yogyakarta, R Faried Jayen Soepardjan

MARKNEWS.ID, Yogyakarta – Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Daerah Istimewa Yogyakarta, R Faried Jayen Soepardjan, menilai Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) justru memecah belah bangsa. Juga adanya agenda terselubung dengan munculnya RUU itu. 

Kenyataannya, saat ini di masyarakat justru terjadi banyak perdebatan dan gerakan demonstrasi menolak RUU yang diinisiasi oleh DPRRI itu. Sebagai ormas yang menjadi salah satu ujung tombak penjaga Pancasila, Pemuda Pancasila berpikir jernih, cerdas dan kritis menyikapi hal tersebut.

“Prinsipnya, Pancasila sebagai dasar negara sudah final tidak perlu diutak-atik lagi, kami Pemuda Pancasila tidak perlu diragukan lagi menjaga Pancasila. Jelas kita menolak RUU HIP tetapi terlepas tujuannya baik atau tidak saya melihat RUU itu bisa memicu perpecahan bangsa,” kata dia Ahad malam, 21 Juni 2020.

Ia menyebut, Pancasila sebagai pedoman bangsa sudah jelas dan final. Sehingga tidak perlu lagi diperdebatkan. 

Jayen mengaku tidak mengetahui maksud tersembunyi diluncurkannya RUU HIP sehingga banyak memunculkan asumsi di masyarakat. Pedoman bangsa dan negara ini sudah jelas yaitu Pancasila. 

“Singkat cerita Pancasila sudah final. Ya sudah. Pakemnya sudah ada dan melekat kenapa penjabarannya harus memakai undang-undang,” kata dia.

Dia juga heran kenapa Pancasila diungkit-ungkit lagi. Inilah yang dikhawatirkan memunculkan peluang perpecahan. Daripada mengutak-atik Pancasila sebenarnya para wakil rakyat yang mengusulkan RUU ini masih punya banyak pekerjaan misalnya membahas kesejahteraan rakyat. 

“Ini yang harus dipikir ulang. Mohon maaf saya tidak mengerti tujuan RUU HIP ini diluncurkan,” ungkap dia.

Yang pasti, Jayen memberikan apresiasi atas sikap tegas Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI sebagai perwakilan masyarakat di daerah yang secara kelembagaan sudah secara bulat memutuskan menolak RUU HIP.

“Senator kita (DPD) sudah menolak RUU HIP, kami apresiasi itu,” kata Jayen.

FULL

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Harus diisi *

0 komentar