Pemerintah Perlu Bentuk Satgas Khusus Virus Corona


MARKNEWS.ID, Yogyakarta – Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Sukamta meminta pemerintah membentuk satuan tugas atau satgas  khusus menangani penyebaran virus corona. Apalagi negara tetangga yaitu Singapura sudah memberi tanda lampu orange, gegara sudah ada warganya yang terkena virus mematikan ini.

Satgas ini diharapkan bisa melakukan langkah yang cepat dan terarah jika sewaktu-waktu ada penyebaran di Indonesia. Anggota Komisi I DPR RI ini  mengatakan sebaran virus corona di level dunia terus bertambah dan menjadikan emergency global

“Hal ini menjadi persoalan kemanusiaan yang harus disikapi lebih bijak. Kami meminta pemerintah segera membentuk satgas yang menangani persoalan itu untuk melakukan antisipasi,” kata Sukamta, Sabtu, 8 Februari 2020.

Ia  berharap pemerintah membuat task force atau satgas yang tergabung dalam tim berbagai macam lembaga.  

“Kita tidak ingin teledor, serangan virus ini luar biasa, di China dihadapi dengan sangat luar biasa,” ia menambahkan.

Pengawasan terhadap 19 pintu keluar-masuk dari dan ke Cina juga harus diperketat. Semua bandar udara dan pelabuhan sebagai pintu masuk dan keluar dari dan ke Cina supaya diperketat. Bahkan seluruh pintu masuk dari luar negeri juga harus diperketat untuk antisipasi virus ini.

“Singapura sudah menetapkan siaga dan informasi yang kami dapatkan hari ini di sana sudah banyak warga yang memborong bahan makanan di supermarket. Kita  tidak ingin ini terjadi di Indonesia,” kata dia.

Selain itu yang dikhawatirkan terkait serangan virus ini tidak menunjukkan gejala demam. Sehingga belum tentu bisa dideteksi melalui alat pendeteksi demam di setiap bandara. 

Pemerintah menegaskan belum ada terjadi virus corona di Indonesia. Namun, data ini justru menjadi pertanyaan. Meskipun diharapkan data itu valid, namun akan muncul banyak pertanyaan.

“Kami kadang bertanya ini Indonesia dapat limpahan berkah dari Tuhan sehingga tidak ada yang terkena. Atau sebetulnya persoalan virus ini tidak tercatat, terlaporkan, ini pertanyaan bagi kita agar lebih baik kita waspada, lebih baik jaga-jaga,” ia menyarankan.

Sukamta mengatakan langkah yang perlu dilakukan ketika sudah dibentuk satgas, antara lain mengantisipasi terjadinya kepanikan warga. Karena pemerintah punya tanggung jawab agar masyarakat tidak panik dan menjamin ketersediaan makanan, sampai sekian hari ke depan. 

“Intinya walaupun sampai hari ini tidak ada yang positif corona, kami berharap punya kesiapan dan kesiagaan yang penuh,” kata dia.

FULL

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Harus diisi *

0 komentar