Para Dai Diminta Sosialisasikan Pemilu

Yogyakarta – Angka ketidakpedulian masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terhadap pemilihan umum (pemilu) 2019 tergolong tinggi. Yaitu mencapai 40 persen. Indikasinya,  masyarakat tidak tahu pelaksanaan pemilu untuk memilih wakil rakyat dan presiden itu yaitu pada 17 April 2019.

“Bahkan sebagian dari mereka justru dari kalangan anak muda dan terpelajar,” kata Anggota Komisi I DPR RI Sukamta, Ahad, 10 Maret 2019.

Ia menyebut masyarakat DIY masih ada indikasi belum sadar pelaksanaan Pemilu 2019 serentak (pemilihan presiden, DPR RI, DPRD I, DPRD II dan DPD RI) yang digelar 17 April. Mereka masih ada yang mengira hanya Pilpres saja, ada juga pelaksanaannya tanggal 15 April.

Di sela-sela acara Silaturahmi & Diskusi Bersama dengan Para Dai Muda di Yogyakarta, Minggu, 10 Maret 2019 itu, ia menyatakan masyarakat rata-rata tidak golput.

“Hanya saja memang belum aware dengan pelaksanaan pemilu 2019. Di DIY warga yang tidak sadar pemilu jumlahnya antara 30 persen sampai 40 persen. Itu angka yang besar mengingat DIY  masyarakat terpelajar,” kata Sekretaris Fraksi PKS DPR RI ini.

Dia mengungkapkan, sosialisasi Pemilu merupakan kewajiban penyelenggara pemilu. KPU sudah melakukan publikasi kepada masyarakat, tetapi memang jumlahnya minim. KPU sudah turun ke masyarakat.

“Kita akan bantu mempublikasikannya,” kata dia.

Ia mendorong masyarakat khususnya anak muda punya kepedulian terhadap Pemilu. Salah satunya ia mengajak dai muda Yogyakarta ikut mensosialisasikan tentang Pemilu kepada kalangan anak muda.

Menurut dia, momen Pemilu sangat penting bagi nasib bangsa Indonesia ke depan. Karena Pemilu merupakan kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk melaksanakan prosesi memilih pemimpin.

Sukamta juga mengomentari masih adanya warga negara asing (WNA) yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 mendatang. Padahal dalam perundang-undangan WNA tidak punya hak memilih.

“WNA tercatat di DPT tidak hanya di DIY, sejumlah daerah juga terjadi. Ini tantangan penyelenggara Pemilu,” ia menambahkan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Harus diisi *

0 komentar