Netizen Yogyakarta Deklarasi Anti Hoax Untuk Pemilu 2019 Damai


MARKNEWS.ID, Yogyakarta – Menjelang Pemilu 2019 banyak bertebaran kabar bohong atau populer dengan sebutan hoaks.  Keberadaan netizen  atau warga net saat ini dalam mengawal pemilu sangat  penting.

Apalagi  arus informasi yang sangat mudah diakses sedangkan  kebenarannya belum tentu. Kabar hoaks itu berseliweran di dunia maya dan diyakini benar di dunia nyata.

“Untuk menangkal hal itu Forum Pemuda Kreatif bersama berbagai pegiat media sosial dari kalangan netizen , blogger, youtuber dan content creator serta seniman lainnya di Yogyakarta akan Deklarasikan Pemilu 2019 Damai dan Anti Hoax, Kamis, 21 Februari 2019,” Pendiri sekaligus Ketua Forum Pemuda Kreatif, Hafyz Marshal, Rabu, 19 Februari 2019.

Acara Deklarasi akan dilaksanakan bersama dengan Diskusi Warganet mengupas “Peran Warganet dan Media dalam Melawan Hoax dan Politisasi SARA Untuk Pemilu 2019 yang Damai, Berkualitas, dan Bermartabat”. yang dipilih untuk acara ini adalah  akan berlangsung di Loco Coffee Shop, di Pangkal Jalan  Malioboro, Yogyakarta.


Ditambahkan, acara deklarasi tersebut merupakan gerakan kreatif dan sukarela berbagai keinginan warganet yang menyadari pentingnya melawan hoaks. Tujuannya  adalah  menciptakan penyelenggaraan pemilu yang damai dan bermartabat.

“Peran media sosial saat ini sangat penting dalam pesta demokrasi sekarang. Namun dampak negatif maraknya hoaks di media sosial  juga signifikan. Oleh karena itu kita lawan hoax dengan kegiatan kreatif,” kata alumnus Pondok Modern Darussalam Gontor ini.

Salah satu bentuknya melalui lomba konten narasi positif dari kalangan netizen, blogger dan youtuber serta kreator kreator digital lainnya.  Lomba ini masih berlangsung saat ini guna mensukseskan pesta demokrasi yang damai dan berkualitas.

Menurut dia, dengan adanya deklarasi ini diharapkan banyak warganet daerah lain akan tergerak dan bergabung dalam gerakan melawan kabar  hoaks. Baik melalui media sosial dan media media alternatif lainnya yang tentunya dengan cara yang kreatif.

Acara ini juga diisi oleh aktivis media sosial Prihadi Beny Waluyo yang memiliki pengikut di dunia maya sekitar 100 ribu follower.  Ia menyatakan pentingnya acara persuasif seperti ini demi kebaikan bersama menjelang Pemilu 2019 dan dimasa depan.

“Menekankan pentingnya bagaimana masyarakat menggunakan media sosial untuk kebaikan bangsa secara positif, serta menyukseskan kepentingan nasional. Karena saya merasa prihatin bila Indonesia yang seharusnya menikmati bonus demografi pada 2030 nanti diisi oleh orang-orang yang tidak cerdas menggunakan media sosial” kata Beny.

Acara Deklarasi melawan Hoks Bersama Warganet Yogyakarta demi Pemilu 2019 yang damai dan bermartabat dihadiri para pegiat media sosial seperti bloger, youtuber dan seniman seniman digital lainnya. Ini  sebagai wujud kepedulian dan keikutsertaan menyukseskan pemilu yang damai berkualitas dan bermartabat .

Acara ini juga menghadirkan sejumlah tokoh masyarakat Yogyakarta, mahasiswa /akademisi, dan pengusaha industri kreatif serta kalangan jurnalis media lokal maupun nasional. Selain itu para jurnalis juga hadir dalam acara ini.

MS

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Harus diisi *

0 komentar