LAWAN POLITIK UANG!

Oleh Hifdzil Alim

Ibu/Bapak yang saya hormati, dua hari lagi pemungutan suara di negeri ini akan diadakan. Anda memiliki hak untuk menentukan arah bangsa ini. Memilih pemimpin dan wakil rakyat. Anda memiliki kontrol melalui suara anda. Anda memiliki hak dan sekaligus kewajiban mengawasi pemimpin dan wakil rakyat, baik terpilih atau tidak terpilih nanti.

Pengawasan harus dimulai dari dasar yang independen, pijakan yang merdeka. Anda jangan mau dibelenggu atau membelenggukan diri pada tawaran pragmatis maupun amplop-amplop hina dina.

Saya mengerti sel pelaku politik uang berjenjang. Dari oligarki ke partai lalu ke caleg kemudian ke koordinator desa sampai ke aktor tingkat dusun. Ditambah peluncur-peluncur di setiap jenjang. Saya memahami jejaring politik uang sudah berurat, berakar.

Seharusnya memang pohon politik uang itu dipotong di akar, dioligarkinya. Saya yakin negara sedang melakukan upaya pembersihan itu. Terus menerus.

Akan tetapi, kita semua juga punya kewajiban untuk turut-serta memotong rantai politik uang itu. Bahkan kita semua memiliki hak untuk menjaga republik ini supaya bersih dari politik uang. Kita harus menutup pintu rapat-rapat jika ada politik uang yang mau masuk. Kita sendiri dengan independen dan merdeka harus mencegah politik uang. Melawan.

Kita melakukan itu semua bukan hanya untuk kita saat ini saja, melainkan juga untuk generasi kita selanjutnya. Kita harus mampu meredam niat untuk menerima politik uang, sekuat-kuatnya. Dan ini adalah selemah-lemahnya iman.

Semoga republik ini dirahmati oleh Tuhan melalui perlawanan-perlawanan kita terhadap politik uang. Amin.

Yogyakarta, 15 April 2019

Hifdzil Alim
(Direktur HICON Law & Policy Strategies)

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Harus diisi *

0 komentar