Internal Gerindra Usulkan Anton Prabu Jadi Pimpinan DPRD DIY

Wakil Ketua DPD Partai Gerindra DIY Doni Ardana

MARKNEWS.ID,Yogyakarta – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra DIY belum memastikan kadernya yang akan duduk di kursi Pimpinan dewan (pimwan) di DPRD DIY.  Dari internal pengurus partai sudah bergulir nama Anton Prabu Semendawai yang diusulkan menempati salah satu dari empat kursi Pimpinan DPRD DIY.

Menurut Wakil Ketua DPD Partai Gerindra DIY Doni Ardana mekanisme keputusan  calon pimwan dibahas melalui rapat internal DPD. Sampai saat ini beberapa nama sudah muncul menjadi pembicaraan kader, salah satunya Anton Prabu Semaendawai. Anton  saat ini menjabat sebagai Sekretaris Fraksi Partai Gerindra DPRD DIY.

“Jika dilibatkan dalam rapat internal, saya akan mengusulkan Anton untuk duduk sebagai pimwan dari Gerindra,” katanya, di Kompleks gedung DPRD DIY, Senin, 8 Juli 2019.

Ia mempertimbangkan beberapa hal yang menjadi usulannya. Yaitu Anton dianggap memiliki kapabilitas karena dari sisi pengalaman telah memimpin DPC Partai Gerindra Kota Yogyakarta.

“Sudah 11 tahun ini Anton menjadi Ketua DPC,  sejak Partai Gerindra berdiri. Awalnya hanya memiliki dua anggota dewan di DPRD Kota Yogyakarta. Sejak 2014 menjadi lima anggota dewan dan memiliki fraksi sendiri,” kata Doni.

Pertimbangan lainnya, menurut Doni mengenai jaringan Anton. Anton yang berhasil terpilih kembali menjadi anggota DPRD pada pemilu 17 April lalu, dipandangnya memiliki jaringan ke pengurus DPP Gerindra yang cukup kuat.

“Mengenai akses ke DPP lebih menguasai,” ujar dia.

Meskipun demikian, Doni juga tak menampik adanya dinamika di internal partai terkait nama-nama lain yang berpeluang meramaikan kursi pimwan. Salah satunya Sinarbiyat Nujanat yang juga terpilih sebagai dewan DPRD DIY dari dapil Kota Yogyakarta. Sebagai kader Partai Gerindra DIY, Sinar saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua I Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPD Partai Gerindra DIY.

“Kalau saya pribadi ada posisi lain yang lebih tepat untuk Pak Sinar, namun tidak saya sebutkan,” katanya.

Sementara itu Ketua DPD Partai Gerindra DIY Brigjend TNI (Purn) Nuryanto menyatakan pengesahan calon pimwan ada di DPP setelah menerima keputusan hasil pembahasan melalui rapat pleno di tingkat DPD.

“Jadi kita akan melakukan pembahasan kemudian kita kirim ke DPP untuk dimintakan pengesahan,” kata Romo Nur, panggilan akrabnya.

Ia juga belum bisa memastikan batasan jumlah nama calon pimwan yang akan dikirim ke DPP. “Belum, belum, nanti itu dibahas di DPD. Kita juga belum mengagendakan rapat. Nanti kalau sudah saatnya,” katanya.

Tahapan hasil pemilu, pelantikan anggota DPRD paling lambat Oktober 2019. Sebelumnya, masing-masing partai menyiapkan anggota dewan terpilih untuk menempati jatah kursi pimwan. Gerindra saat ini memiliki satu kursi pimwan yang diduduki oleh Dharma Setiawan. Namun yang bersangkutan gagal melangkah ke parlemen setelah maju sebagai calon legislatif dari dapil Sleman Selatan.

Di DPRD DIY ada jatah empat kursi pimwan, dengan urutan empat besar partai pemenang pemilu pemilu 17 April lalu. Kursi Ketua DPRD DIY dari PDIP, disusul kursi Wakil Ketua yaitu dari PAN, Gerindra dan PKS.

FULL

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Harus diisi *

0 komentar