Ini Hasil Kejurda Inkado dan Yuni Astuti Cup 2019

Saat kejuaraan daerah Inkado dan Yuni Astuti Cup 2019 di GOR Amongraga, Minggu, 17 Februari 2019

MARKNEWS.ID,  Yogyakarta – Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Kota Yogyakarta tampil sebagai pemenang dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) Karate Inkado dan Open Championship Yuni Astuti Cup 2019, di GOR Amongraga, Yogyakarta, Minggu, Februari 2019. Kontingen ini  diputuskan  sebagai juara umum di kelas open championship, setelah mengungguli 23 tim lainnya. Para peserta berasal dari dojo, perguruan, sekolah, dan Forki tingkat Kabupaten di wilayah DIY, dengan torehan 11 medali emas, 6 perak dan 4 perunggu.

Ketua Umum Indonesia Karate-Do (Inkado) Daerah Istimewa Yogyakarta Faried Jayen Soepardjan mengatakan, sedikitnya 447 karateka turut ambil bagian dalam Yuni Astuti Cup 2019, yang terbagi dalam dua kategori. Yaitu untuk pemegang sabuk putih, kuning dan hijau, serta khusus atlet.

“Terus terang kami cukup kaget, karena jumlah pesertanya sangat jauh melampaui target yang hanya 350 saja. Tapi, sampai penutupan pendaftaran bisa mencapai 447 karateka yang ikut serta,” katanya, Minggu, 17 Februari 2019 malam.


Tentu saja hal  ini sangat menarik.  Karena selama ini, dalam penyelenggaraan sekelas Kejurda, belum pernah jumlah pesertanya mencapai sebanyak ini. Hal ini merupakan indikasi positif bagi olahraga karate di Daerah Istimewa Yogyakarta, sekaligus menjadi suntikan semangat untuk dalam upaya pembinaan. Apalagi, ia menambahkan , sejauh ini di tingkat junior, atlet-atlet asal Daerah Istimewa Yogyakarta cukup menonjol di level nasional.

“Kita bisa lihat di kejuaraan nasional seperti O2SN, atau Popnas, atlet karate DIY cukup mewarnai di sana. Nah, ini yang harus kita tingkatkan bersama, agar di tingkat senior, atlet kita juga bisa mendapat banyak medali, khususnya di PON,” kata dia.

Ketua Dewan Pembina Inkado Daerah Istimewa Yogyakarta, Yuni Astuti menuturkan optimismenya pada perkembangan karate, setelah melihat antusiasme yang begitu luar biasa, dari para peserta Kejurda Karate Inkado dan Open Championship Yuni Astuti Cup 2019 ini.

“Bakat karate di Daerah Istimewa Yogyakarta itu melimpah,  tapi minim perhatian,” kata Yuni.

Dalam gelaran lomba ini memang tampak para karateka sangat antusias. Padahal, ini baru pertama kali digelar.

“Mungkin, ke depannya akan kita rutinkan. Apalagi, bakat-bakat mereka ini sangat bagus, dan kita memang mencari bibit unggul itu, dari semua perguruan, tidak hanya dari Inkado saja,” kata Yuni yang maju menjadi calon legislator dari PAN untuk DPRRI ini.

MS



.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Harus diisi *

0 komentar