Hary Tanoe: Kalau Pemilu Ditunda, Kapan Perindo Duduk di Parlemen?

Partai Perindo menolak penundaan Pemilu. Ketua umum Perindo bersama pengurus DIY dan walikota Solo Gibran Rakabuming Raka di sela Musyawarah Kerja Wilayah Dewan Pimpinan Wilayah Partai Perindo DIY, Sabtu, 26 Maret 2022.

 

Marknews.id, Yogyakarta – Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo dengan tegas menolak wacana penundaan Pemilu 2024. Sebab, jika ada penundaan  akan muncul masalah yang  kompleks berkaitan dengan masa jabatan legislatif hingga kepala daerah.

“Masalahnya kompleks. Kalau mau ada penundaan (pemilu), bagaimana dengan  Gubernur, bagaimana dengan DPR, bagaimana walikota. Terus kapan Partai Perindo duduk di parlemen,” kata  Hary Tanoe, di Hotel Inna Malioboro, Sabtu, 26 Maret 2022.

Alasan kenapa partainya menolak penundaan pemilihan umum yang akan diadakan serentak pada 2024 adalah pelanggaran konstitusi. 

“Untuk saat ini belum saatnya mengubah konstitusi. Dua periode jabatan presiden dan wakil presiden sudah cukup baik,” kata dia usai Musyawarah Kerja Wilayah Dewan Pimpinan Wilayah Partai Perindo DIY, Sabtu, 26 Maret 2022.

Ia menambahkan jika dipaksa melakukan penundaan pemilu, maka akan timbul masalah kompleks berkaitan dengan masa periode pejabat di legislatif dan eksekutif baik di pusat dan daerah.

Menyinggung soal pencapresan, boss MNC Grup ini dengan tegas tidak akan mencalonkan diri. Tapi, Perindo akan mendukung tokoh lain yang dinilai cocok dan sevisi. Tetapi  sampai saat ini belum ditentukan siapa calon yang akan diusung atau didukung.

Di sisi lain, soal calon legislator dari partai ini akan dibantu secara pendanaan. Dengan syarat bakal calon anggota dewan mempunyai basis massa yang kuat dan banyak dan bergabung dengan Perindo.

Yuni Astuti Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Perindo DIY menyatakan siap melaksanakan apa yang diamanatkan oleh Perindo pusat.

“Saya ini tipikal orang yang sendiko dawuh. Beliau perintahkan apa, saya siap menjalani. Harus lolos verifikasi dulu. Untuk target DIY, target sebanyak-banyaknya, kami menjalankan sepenuhnya sesuai arahan ketua umum,” kata dia.

 

FULL

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Harus diisi *

0 komentar