Hari Kesehatan Nasional, Cek Kesehatan Sebagai Pencegahan Penyakit

MARKNEWS.ID, Yogyakarta – Pada momen menjelang  Hari Kesehatan Nasional sebaiknya masyarakat semakin menyadari pentingnya cek kesehatan ke laboratorium. Cek kesehatan in merupakan upaya preventif atau pencegahan timbulnya penyakit dalam tubuh.

Deri Fitri Anggarini,  Caretaker Unit Head Prodia Mangkubumi Yogyakarta saat di Yogyakarta menyatakan check up kesehatan sangat penting. Supaya penyakit yang ketahuan sedini mungkin bisa diantisipasi.

“Sehingga tidak memperburuk keadaan (kesehatan tubuh) lebih lanjut,” kata dia di Laboratorium Klinik Prodia Mangkubumi Yogyakarta,  Selasa, 5 November 2019.

Ia menyatakan kesadaran masyarakat saat ini untuk cek kesehatan ke laboratorium klinik semakin meningkat.  Apalagi pihak Prodia memberi diskon 20 persen biaya cek kesehatan menjelang Hari Kesehatan Nasional yang diperingati setiap 12 November.

“Ada yang check-up atas kemauan sendiri kemudian direkomendasi dokter dari sini. Kami ada dokter customer service yang merekomendasikan pemeriksaan apa saja yang mau diperiksakan oleh pasien,” kata dia.

Para customer sudah peduli dengan kesehatan.  Biasanya check-up rutin enam bulan sekali lalu satu tahun sekali. Tapi juga ada yang ingin tahu hasil usai check-up setiap tiga bulan sekali.

Dalam setiap hari di satu klinik laboratorium melayani sekitar 25 orang. Di saat ada diskon jumlah orangnya check-up bisa empat kali lipat dalam satu hari bahkan bisa lebih dari 100 orang.

Pemeriksaan kesehatan ini untuk mengetahui kondisi fisik seseorang termasuk resiko penyakit bawaan genomik atau bawaan gen.  Masyarakat perlu untuk melakukan cek kesehatan secara rutin atau berkala.

“Cek kesehatan ini agar kita tahu penyakit apa saja yang berisiko menimpa tubuh kita, adakah penyakit bawaan (gen) yang harus kita waspadai,” kata Deri.


Cek kesehatan yang dilakukan pun bervariatif mulai dari general check-up rutin yang meliputi hematologi rutin, glukosa rutin, urine rutin kolesterol lengkap hingga fungsi ginjal. Selain itu juga cek hipertensi, diabetes cancer hingga penyakit akibat bawaan gen (genomik).

Ronimatul Hayati, Branch Manager Prodia Yogyakarta menyatakan ada lima langkah mudah untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga. Apalagi kesehatan dan keluarga menjadi hal yang tak ternilai harganya.

“Namun menjaga kesehatan keluarga ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi saat ini kebanyakan anggota keluarga memiliki rutinitasnya masing-masing dan menghabiskan waktu sampai sore menjelang malam di luar rumah,” kata dia.

Ini lima langkah sederhana untuk menjaga keluarga agar tetap sehat. Pertama  mulai dengan sarapan dan memasak di rumah. Biasanya sarapan menjadi bagian yang paling sering dilewatkan. Padahal, hal yang terlihat sepele ini
sangat penting untuk memberi suplai energi bagi tubuh agar dapat menjalani aktivitas sepanjang hari.


Selain untuk menjaga kesehatan, sarapan bersama keluarga juga bisa memperkuat hubungan dan
komunikasi dalam keluarga. Anda juga dapat memastikan asupan gizi dan nutrisi keluarga dengan
memasak makanan di rumah dan membekali anggota keluarga dengan bekal makanan.  

“Kualitas
makanan tentu bisa lebih terjaga, agar anggota keluarga tidak melulu jajan yang tidak sehat atau
memilih fast food. Biasanya orang memilih makanan yang mudah didapat,” kata dia.


Tips kedua,  lakukan aktivitas fisik bersama. Luangkan waktu Anda di akhir pekan dengan melakukan aktivitas fisik bersama keluarga seperti jogging, bersepeda, jalan santai, atau membersihkan rumah bersama-sama.

“Rutin melakukan aktivitas
fisik dapat menjaga stamina tubuh dan meningkatkan imun tubuh Anda sekeluarga agar tidak mudah
terserang penyakit,” ia menambahkan.


Tips selanjutnya adalah, jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Anjurkan anggota keluarga untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat setiap harinya.  Seperti mencuci tangan sebelum makan, menggosok gigi sebelum tidur, mencuci kaki dan berganti baju setelah bermain di luar, membersihkan kamar sendiri, membuang sampah pada tempatnya.


Tips keempat adalah istirahat yang cukup. Karena ini  memungkinkan tubuh Anda untuk beristirahat sehingga dapat bekerja maksimal
di keesokan harinya. Begadang sangat tidak dianjurkan, apalagi untuk anak-anak yang membutuhkan
waktu tidur yang lebih panjang dari orang dewasa.

Tips kelima yang harus disadari adalah pemerilksaan kesehatan secara rutin  Banyak orang mendatangi fasilitas kesehatan hanya ketika sakit. Padahal, tidak merasa sakit atau tidak
muncul gejala sakit belum tentu menjamin bahwa Anda sehat seutuhnya.

“Banyak sekali penyakit yang
tidak menunjukkan gejala di awal dan baru terdeteksi ketika sudah berlanjut. Oleh karena itu
pemeriksaan kesehatan secara rutin juga penting untuk dilakukan bersama keluarga, minimal setahun
sekali meskipun Anda beserta keluarga tidak sedang sakit,” kata dia.


Tujuan dari pemeriksaan kesehatan rutin adalah sebagai tindakan preventif untuk memastikan fungsi
organ-organ tubuh Anda masih baik, serta mendeteksi penyakit sedini mungkin. Jika memang ada
indikasi penyakit tertentu, Anda bisa segera mendapatkan pertolongan dengan cepat dan tepat.

FULL

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Harus diisi *

0 komentar