GOLKAR DIY Holopis Kuntul Baris Perangi Virus Corona 

MARKNEWS.ID, Yogyakarta – Para pengurus dan anggota Partai Golkar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersatu padu untuk memerangi virus corona atau Covid-19. Apalagi di daerah ini sudah ada yang meninggal dunia akibat virus ini dan banyak yang positif serta banyak yang ODP (orang dalam pantauan) dan PDP (pasien dalam pengawasan)

“Kita holobis kuntul baris, bersama memerangi virus corona,” kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar DIY Gandung Pardiman, Senin, 30 Maret 2020.

Sesuai panggilan kemanusiaan DPD Golkar DIY merasa dituntut keterlibatannya secara aktif untuk memberikan karya nyata ikut menangani virus corona atau COVID 19 ini. Oleh karena itulah DPD Golkar DIY membentuk tim gugus tugas basmi Corona di DIY.

Tim gugus tugas tersebut mempunyai  tugas-tugasnya sebagai berikut :

1.    Membantu Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta untuk melakukan pencegahan meluasnya penyebaran virus Covid-19 ke masyarakat luas di seluruh DIY  karena berdasarkan update data terakhir per tanggal 28 Maret 2020, pukul 16.00, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) yang sudah diperiksa sebanyak 154 orang dengan perincian:

a.    Negatif  : 40 orang

b.    Positif    : 19 orang (sembuh : 1 orang, meninggal : 3 orang)

c.    Masih dalam proses : 95 orang (4 meninggal dunia)

Ini data hasil verifikasi dari Dinas Kesehatan DIY yang diperoleh dari seluruh Rumah Sakit rujukan di seluruh DIY.

2. Melakukan edukasi kesehatan kepada masyarakat untuk mau berperan aktif dalam mencegah penyebaran Covid-19 dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta melakukan isolasi diri secara mandiri di rumah dan terus menjaga jarak yang aman baik di rumah maupun di luar rumah sesuai anjuran pemerintah.

3. Melakukan penyemprotan pemberantasan virus Covid-19 di lingkungan masyarakat  di seluruh wilayah DIY yang dimulai pada hari Senin 30 Maret 2020 dengan mengerahkan 10 tangki truk yang  siap untuk itu.

4.Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 DPD Partai Golkar DIY  juga mulai hari senin tanggal 30 Maret 2020 melakukan pembagian cairan hand sanitizer virus corona, masker dan sabun untuk dibagikan ke masyarakat di seluruh wilayah DIY.

5.DPD Partai Golkar DIY melalui TIM Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 juga menyerahkan bantuan  beras dan uang lauk pauk ke 8 panti asuhan ,masing-masing akan mendapatkan 1 kuintal beras dan uang tunai Rp 2.000.000.

6. Masyarakat DIY melalui Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar DIY akan memberikan penghargaan kepada para Dokter dan Tenaga Medis yang telah mengorbankan nyawanya untuk tugas kemanusiaan dalam menangani Covid-19  di Daerah Istimewa Yogyakarta.

7. Masalah Lockdown atau karangtina wilayah, Dewan Pimpinan Partai Golkar Daerah Istimewa Yogyakarta menghimbau dan mengajak masyarakat agar tindakan karantina wilayah ini tidak dilakukan secara sendiri-sendiri tetapi sebaiknya dikoordinasikan dan  sepengetahuan dengan pimpinan pemerintah daerah di wilayah sehingga semua dapat terkoordinasikan dan termonitor dengan baik.

Pembentukan Tim gugus tugas ini tidak sekedar formalitas atau pencitraan. Kalau hanya pencitraan hanya dilakukan satu kali dan diberitakan berkali-kali. Namun DPD Golkar DIY secara nyata bertindak membantu pemerintah dalam menangani ataupun membasmi virus corona ini. Sejak dibentuk tanggal 25 maret DPD Golkar DIY telah mendistribusikan puluhan tangki desinfektan sesuai permintaan sejumlah komponen masyarakat maupun komunitas serta relawan yang bergerak aktif melakukan pencegahan penyebaran virus Corona Covid 19 ini. 

“ Kalau pencitraan sekali bertindak hanya formalitas tetapi diberitakan berkali – kali. Namun tim gugus tugas ini terus bekerja dan berkarya nyata untuk membantu masyarakat,” tegas Gandung Pardiman Ketua DPD Golkar DIY.

DPD Golkar DIY telah membentuk 42 tim gugus tugas pencegahan corona yang bekerja di seluruh DIY. 42 tim tersebut terdiri dari DPD Golkar DIY dan DPD Golkar kabupaten kota se DIY serta ribuan kader muda Golkar se DIY.

Selain itu DPD Golkar DIY telah menyiapkan 3 buah kendaraan roda tiga dan tiga truk untuk melakukan penyemprotan desinfektan keliling dari kampung ke kampung, dari desa ke desa sesuai permintaan masyarakat. 

Senin 30 Maret 2020, Ketua DPD Golkar DIY Drs HM Gandung Pardiman MM melepas tim Gugus Tugas basmi Corona DPD Golkar DIY di Halaman kantor DPD Golkar DIY. Dalam Pelepasan Tim Gugus tugas tersebut diserahkan peralatan sebanyak 50 tangki desinfektan, 25 jerigen cairan desinfektan, 1000 botol hand sanitizer, uang tunai 20 juta rupiah untuk tim tersebut yang diwakili oleh DPD Golkar kabupaten kota se DIY.

 Masing – masing DPD Golkar Kabupaten Kota se DIY akan menerima satu paket berisi 10 Tangki Desinfektan, 5 jerigen ( @ 5 liter) desinfektan, 200 boto hand sanitizer, uang tunai untuk operasional 4 juta rupiah serta sabun.

DPD Golkar DIY juga membantu 30 unit Alat Pelindung Diri ( APD ) kepada RS Harjolukito, 16 APD kepada tim penyemprot dan membantu 8 kuintal beras dan uang tunai 16 juta rupiah kepada 8 panti asuhan yatim piatu yang tentu akibat wabah corona ini mengalami kesulitan untuk bahan makanan. Oleh karena itu DPD Golkar DIY membantu. Adapun ke 8 panti asuhan yang dibantu DPD Golkar tersebut.

Daftar Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Penerima Bantuan :

1. Panti Asuhan Yatim Piatu Sinar Melati

Ketua : Bp. Drs. H.Budi Pardiman. MA

2. Panti Asuhan Amanah Imogiri Timur Jetis Bantul

3. Panti Asuhan Darul Aitam Karangwuluh, Temon Kulonprogo

4. Panti Asuhan Putri Muhamadiyah Pakem

5. Panti Asuhan Yapitu Piyungan Bantul

6. Panti Asuhan Bina Putra (berkebutuhan Khusus), Donoharjo Sleman.

7. Panti Asuhan Ngrekso Putra Kota Yogyakarta

8. Pesantren Al Mumtaz, Pathuk Gunungkidul

DPD Golkar DIY juga menyalurkan seribu paket berisi satu masker, 1 botol hand sanitizer 60 ml dan sabun kepada pengguna jalan di jalan Jenderal Sudirman di depan kantor DPD Golkar DIY. 

Ketua Harian DPD Golkar DIY FX Sudardi mengatakan tim Gugus tugas basmi corona DPD Golkar DIY ini akan terus bekerja hingga masalah corona ini berakhir. 

“Kami akan terus bekerja secara berkelanjutan sesuai permintaan dari warga masyarakat,” ujar FX Sudardi.

Lebih lanjut FX Sudardi mengatakan DPD Golkar juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak panik dan resah gelisah menghadapi masalah ini dan tetap optimis.

“ Sebab rasa panik dan cemas akan menurunkan imunitas kita. Golkar mengimbau masyarakat untuk saling menyemangati dan optimis,” kata dia.

Disisi lain, DPD Golkar DIY  juga menekankan kepada seluruh wakil rakyat dari Golkar DIY, baik anggota DPRD di kabupaten kota se DIY maupun anggota DPRD DIY untuk berperan aktif membantu masyarakat dalam upaya pencegahan cirus corona Covid 19.

” Jika para anggota DPRD di kabupaten kota dan provinsi dari Golkar tidak aktif membantu masyarakat, maka DPD Golkar DIY akan bertindak tegas memberi sanksi tegas. Bahkan jika anggota DPRD dari Golkar tidak bergerak sama sekali membantu masyarakat, akan kami beri sanksi tegas  berupa Surat peringatan pertama,” tegas Gandung Pardiman.

Oleh karena itulah Gandung meminta kepada semua wakil rakyat dari Golkar untuk aktif berkoordinasi dengan DPD Golkar DIY untuk membantu masyarakat.

Satu hal yang tak kalah pentingnya adalah jika keadaan sangat darurat, kantor – kantor DPD Golkar Se DIY siap dijadikan Rumah Sakit Darurat atau tempat isolasi.

Lilik Syaiful Ahmad, anggota DPRD DIY dari Fraksi Golkar menyatakan siap menyumbangkan semua gaji untuk pencegahan virus corona ini. Bahkan sejak awal muncul wabah ini, ia telah mengeluarkan banyak biaya untuk membantu penanggulangan virus ini.

“Siap 110 persen dipotong gaji. Sejak awal sudah bergerak untuk membantu penanggulangan wabah ini,” kata wakil rakyat asal Kulon Progo ini.

FULL

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Harus diisi *

0 komentar