Baru, Ada Amir di Taman Pintar Yogya

Dialog sebelum peresmian Zona Kebaikan Air di Taman Pintar Yogyakarta, Senin, 8 April 2019.


MARKNEWS.ID, Yogyakarta –  Ada wahana di Taman Pintar Yogyakarta yang diperbaharui. Di lantai dua ada Zona Kebaikan Air yang baru saja diperbarui. Kini dibuat semakin interaktif dengan dilengkapi berbagai area edukasi. Ada ajakan ayo minum air yang disingkat menjadi AMIR.

Danone-AQUA bekerjasama dengan wahana rekreasi edukasi Taman Pintar Yogyakarta kembali meluncurkan zona edukasi dengan nama ‘Zona Kebaikan Air’ yang merupakan pembaruan dari Zona Air sebelumnya yang sudah dibuat pada 2013 lalu. Berbagai area  dalam ‘Zona Kebaikan Air’ tersebut diharapkan dapat memberikan edukasi kepada anak-anak. Bukan hanya mengenai kebaikan air dan pentingnya pemenuhan hidrasi sehat, namun juga diharapkan mampu memberikan edukasi seputar pentingnya menjaga lingkungan dan mengelola sampah plastik secara bijak.


Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Yogyakarta, Kadri Renggono mengatakan Taman Pintar dengan berbagai zona yang ada di dalamnya terus melakukan pengembangan teknologi dan pembaruan dengan konsep yang menyenangkan dan mendidik agar tidak membosankan.

“Oleh karena itu, kami sangat mendukung upaya pembaruan seperti yang dilakukan oleh Danone-AQUA, agar dapat memberikan pengetahuan kepada anak-anak dengan cara yang menarik dan menyenangkan terutama tentang pentingnya air untuk kebaikan hidup dan juga mengajarkan sejak dini tanggung jawab untuk pengelolaan sampah plastik,” kata dia, Senin, 8 April 2019.


Pada Desember 2018 lalu, kunjungan wisatawan ke Taman Pintar telah menembus angka satu juta. Dengan adanya pembaruan zona-zona seperti Zona Kebaikan Air ini, Taman Pintar optimis angka kunjungan ke Taman Pintar akan terus meningkat dan menjadi salah satu destinasi wisata anak dan keluarga sekaligus wisata edukasi populer di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.

Marketing Manager PT. Tirta Investama (Danone-AQUA), Jeffri Ricardo mengatakan Zona Kebaikan Air terdiri dari area edukasi PIJAR (Pilih, Jaga dan  Rawat). Zona ini  memberikan pengetahuan bagaimana menjaga kualitas dan kuantitas air, area edukasi lapisan tanah, lapisan kedap air dan air tanah dalam, area edukasi sumber air. Lalu ada  area gerakan AMIR (Ayo Minum Air) dan edukasi pentingnya menjaga hidrasi dan fungsi mineral dalam tubuh, serta area edukasi #BijakBerplastik yang menjelaskan bagaimana kita dapat mengelola plastik secara bijak.

“Taman Pintar sebagai wahana rekreasi edukasi merupakan tempat strategis untuk memberikan edukasi sekaligus mendorong gaya hidup sehat, pemenuhan hidrasi sehat, serta tidak lupa pentingnya menjaga kesehatan lingkungan kepada anak-anak sejak usia dini,” kata Jeffri Ricardo.


Jeffri menjelaskan, sejak tahun 1993 pihaknya mempromosikan inisiatif daur ulang pertama melalui program AQUA Peduli dan sekarang dapat mengumpulkan 12.000 ton plastik setiap tahunnya melalui 6 Recycling Business Unit di berbagai lokasi di Indonesia. Kegiatan ini  menciptakan manfaat ekonomi bagi ratusan pemulung dan pendaur ulang.

Hydration Science Director PT. Tirta Investama (Danone-AQUA), dr. Tria Rosemiarti  menjelaskan pentingnya menjaga pemenuhan hidrasi yang sehat sejak usia dini.  Pemberian edukasi pada anak sejak usia dini tentang manfaat dan kebaikan air serta berperilaku yang baik dan  benar untuk pemenuhan hidrasi sehat sangat penting.

“Agar di masa mendatang mereka terus melakukan kebiasaan baik ini untuk mengurangi risiko dampak negatif akibat kurangnya pemenuhan hidrasi yang sehat. Karena itu, kolaborasi secara berkelanjutan antara Danone-AQUA dan Taman Pintar terus dilakukan untuk menyediakan zona yang dapat mengedukasi anak-anak dan masyarakat, serta mendorong kebiasaan minum air guna membantu  meningkatkan taraf kesehatan di Indonesia,” kata dia.


dr. Tria Rosemiarti menambahkan, dalam Zona Kebaikan Air terbaru ini, juga disediakan modul-modul tentang program gerakan Ayo Minum Air (AMIR) yang merupakan program kerjasama antara Indonesian Hydration Working Group-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (IHWG-FKUI), Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, dan Danone-AQUA. Ini   didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk meningkatkan kesadaran akan hidrasi sehat yang dapat membantu perubahan perilaku hidup yang lebih sehat, dengan pesan kunci anak membutuhkan 6 gelas air dalam seharinya.


Air memiliki berbagai manfaat kebaikan untuk kehidupan dan sangat dibutuhkan manusia untuk hidup sehat. Air merupakan bagian dari nutrisi yang berperan penting dalam fungsi fisiologis tubuh, mengingat tubuh terdiri dari 60 persen  air. Kurangnya pengetahuan dan kesadaran pentingnya menjaga hidrasi dalam tubuh, bisa mengakibatkan gangguan kesehatan jangka pendek dan jangka panjang.


FULL

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Harus diisi *

0 komentar