Stasiun Kereta Api Beri Fasilitas Bagi Kaum Difabel agar Nyaman

MARKNEWS.ID, Yogyakarta – Stasiun Kertas api yang berada di Daerah Operasi 6 Yogyakarta dan Jawa Tengah semakin ramah bagi penyandang disabilitas.  Pihak pengelola stasiun menyediakan keperluan bagi kaum difabel itu seperti kursi roda, guidingblock,  kamar mandi dan lain-lain.

“Saat ini stasiun kereta api sudah semakin ramah difabel. Saudara kita penyandang disabilitas tidak perlu khawatir menggunakan moda transportasi kereta api karena fasilitas stasiun sudah aman nyaman bagi siapapun termasuk saudara kita yang difabel,” kata Eko Budiyanto, Manager Humas PT Kereta Api Daerah Operasi 6 Yogyakarta dan Jawa Tengah, Selasa, 29 Oktober 2019.

Ia menyatakan pihaknya terus melakukan pembenahan stasiun supaya dapat memfasilitasi masyarakat manakala akan menggunakan moda transportasi ini. Pembenahan  ini termasuk akses bagi difabel yang antara lain akses menuju stasiun dibuat guidingblock supaya para  tuna netra dapat berjalan menuju stasiun dengan mudah.  

“Jalan menuju stasiun kita buat langsam supaya dapat diakses pengguna kursi roda,” kata dia.

Selain itu, fasilitas  yang disediakan bagi mereka berupa kursi duduk prioritas. Kursi di ruang tunggu itu diprioritaskan bagi kaum difabel dan juga untuk yang sudah lanjut usia serta ibu-ibu yang membawa bayi maupun ibu hamil. Di stasiun Tugu disediakan kursi roda sekitar 8 unit.

“Petugas juga disiapkan untuk membantu mereka,” kata Eko.

“Dari sebelum hingga setelah penumpang menggunakan jasa kereta api, PT Kereta Api Indonesia berupaya  memberikan pelayanan maksimal kepada mereka  termasuk bagi para difabel,” Eko menambahkan.

Ada sebanyak 50 siswa/siswi dari Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul ikut mencoba naik kereta api di Stasiun Tugu Yogyakarta, Selasa, 29 Oktober 2019. Pihak PT Kereta Api memberi fasilitas supaya mereka merasakan langsung fasilitas yang disediakan.

Dari mulai masuk stasiun hingga ruang tunggu, para penyandang disabilitas bisa merasakan fasilitas yang disediakan. Mereka naik kereta api Bengawan Ekspres dari Stasiun Tugu menuju Purworejo dan sebaliknya.  

Suyanto, wakil humas Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul menyatakan pihak PT Kereta Api sudah banyak menyediakan fasilitas bagi penyandang disabilitas. Termasuk petugas yang siap membantu.

“Kursi roda harus disiapkan juga di tempat parkir. Jalan di dalam stasiun juga sebaiknya ada guidingblock untuk tuna netra,” kata dia memberi masukan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Harus diisi *

0 komentar