Antisipasi Penambahan Penerbangan, Pertamina Tambah Pasokan Avtur


MARKNEWS.ID, Yogyakarta – Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah oe numpang pesawat terbang dan tambahan penerbangan, PT Pertamina menambah pasokan avtur. Di Daerah Istimewa Yogyakarta ada dua bandara yang beroperasi. Yaitu Adisutjipto di Sleman dan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo.

“Fasilitas di Bandara baru Yogyakarta International Airport juga sudah memadai untuk penyaluran avtur. Koordinasi dengan Angkasa Pura I, ada tambahan belasan penerbangan di YIA,” kata General Manager Marketing Operation Region IV Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Iin Febrian, Jumat malam, 24 Mei 2019.

Pertamina memprediksi konsumsi Avtur di Bandara Adisucipto tentunya ditambah YIA akan naik 6 persen. Sehingga selama masa satuan tugas ditambah 11,6 kiloliter per hari. Di hari biasa  rata-rata konsumsi harian normal  193 kiloliter per hari. Sehingga total menjadi  menjadi 204,6 kiloliter per  hari.

Pertamina Marketing Operation Region IV Wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta memastikan pasokan dan penyaluran bahan bakar avtur untuk pesawat udara di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) dapat berjalan secara optimal. Pertamina mengoperasikan kantor satelit atau kantor pengawas di Bandara YIA, sambil menunggu pembangunan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) yang akan rampung pada Oktober 2020.

Fasilitas DPPU tersebut dilengkapi dengan  empat tangki timbun dengan kapasitas masing-masing sebanyak 1.000 Kiloliter.  Juga fasilitas pengisian avtur Fuel Hydrant System atau melalui dengan sistem bawah tanah sebanyak 44 unit.

Fuel Hydrant System ini dibangun untuk memenuhi standar operasional distribusi bahan bakar di Bandara berskala Internasional.  Sehingga tidak perlu lagi mobil tangki hilir mudik dari pesawat satu ke yang lainnya.


Pelayanan Avtur di YIA telah dapat disalurkan menggunakan dua unit kendaraan refueller dengan kapasitas masing-masing  6 tangki modular avtur dengan kapasitas masing-masing 23 kiloliter.

“Ketersediaan avtur terjaga. Posisi harga avtur sekarang ada di sekitar Rp 8.000 per liter,” kata dia.

Tambahan penerbangan (extra flight) di musim libur mudik lebaran 2019 ada 22 penerbangan.  Tigabelas penerbangan di antaranya akan dialihkan melalui bandara Yogyakarta International Airport (YIA). 9 penerbangan  sisanya akan melalui  Bandara Internasional Adisutjipto.

General Manager AP I Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama mengatakan pihaknya sudah mengumpulkan perusahaan  airlines.

“Dari sejumlah airlines yang ada, 4 di antaranya mengajukan tambahan penerbangan. Ada AirAsia, Lion Air, Sriwijaya Air dan Express Air,” kata dia.

FULL

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Harus diisi *

0 komentar