Ada Kereta Bandara Menuju YIA, Tarif Diskon 50 Persen


MARKNEWS.ID, Yogyakarta – Kereta Api Bandara mulai dijalankan seiring dioperasikannya Yogyakarta International Airport (YIA), Senin, 6 Mei 2019. Satu rangkaian kereta api terdiri dari gerbong diberangkatkan dari Stasiun Tugu Yogyakarta menuju Stasiun Wojo Purworejo begitu juga sebaliknya hingga menuju ke Stasiun Maguwoharjo.

Executive Vice President (EVP) PT Kerrta Api Indonesia Daerah Operasi  6 Yogyakarta, Eko Purwanto mengatakan, Kereta Bandara ini beroperasi seiring penerbangan perdana pesawat komersial di Bandara YIA di Kulon Progo.

“Jadi kita menyesusuaikan,” kata Eko, Senin 6 Mei 2019.

Ruang tunggu Kereta Bandara di Stasiun Tugu Yogyakarta sangat memadai dan sangat bersih. Ada beberapa fasilitas selain tempat duduk yang nyaman, ruang ber-AC hingga toilet yang bersih. Selain itu juga ada informasi jadwal penerbangan pesawat dari Bandar Udara Adisutjipto dan YIA di layar. Tak hanya itu, di ruang yang nyaman itu juga disediakan koneksi Internet secara gratis.


Menurut dia, Kereta Bandara berangkat dari Stasiun Maguwo-Yogyakarta-Wates-Wojo. Tarif Kereta Bandara dari Stasiun Maguwo-Stasiun Wojo sebesar Rp 30.000.

“Untuk waktu tempuhnya sekitar  45 menit,” imbuhnya.

Kereta Bandara ini memiliki kapasitas 196 penumpang duduk dan 98 penumpang berdiri. Karena kereta ini didesain khusus perjalanan  bandara, maka disediakan ruang koper atau tas berukuran besar.

Menurut Eko, jadwal Kereta Bandara mengikuti jadwal penerbangan di Bandara YIA. Satu setengah jam sebelum pesawat take off, kereta sudah sampai di Stasiun Wojo. Dari stasiun Wojo, penumpang yang akan ke YIA disediakan bus DAMRI. Ke depan, seiring bertambahnya maskapai penerbangan yang beroperasi di Bandara YIA, PT KAI akan melakukan penambahan perjalanan.

“Intinya, rute Stasiun Maguwo-Stasiun Wojo akan terus ditambah seiring jumlah penerbangan yang ada,” kata dia.


PT KAI juga masih menunggu beroperasinya Stasiun Kedundang Kulon Progo. Setelah Stasiun Kedundang jadi, Kereta Bandara akan masuk sampai area Bandara YIA dengan menyambungkan rel kereta api ke bandara itu.

Sebelumnya, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, dalam mendukung transportasi ke YIA. Ada enam trip KA yang difokuskan melayani penumpang dari Stasiun Wojo, Purworejo, Jawa Tengah. Stasiun Wojo merupakan yang paling dekat dengan Bandara YIA.

Menurut Eko Budiyanto,  Manager Humas PT KAI Daerah Operasi 6,  saat ini memang masih minim penumpang. Karena penerbangan di YIA juga masih minim.

“Untuk saat ini ada diskon 50 persen. Jadi sekarang penumpang Kereta Bandara hanya membayar RP 15 ribu,” kata dia.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Harus diisi *

0 komentar