Sumpah Pemuda, PDI Perjuangan Gelar Tari Rampak Singo Barong dan Yoga Anaruga


MARKNEWS.ID, Yogyakarta – Puncak peringatan hari Sumpah Pemuda, PDI Perjuangan Kota Yogyakarta menggelar aksi dan orasi  budaya, di Embung Langensari, Gondokusuman,  Yogyakarta,  Ahad, 3 November 2019. Sumpah Pemuda merupakan peristiwa besar dalam sejarah perjuangan Indonesia melawan penjajahan dan merebut kemerdekaan.

Semangat kaum muda menggelorakan jiwa merdeka rakyat melawan neo kolonialisme dan imperialisme. Peran pemuda jelas sangat besar dalam perjuangan Indonesia Merdeka.

Pemimpin Besar Revolusi Bung Karno pun secara khusus menyebutkan “Beri aku 10 pemuda, maka akan kuguncangkan dunia”. Pernyataan ini semakin menegaskan peran dan tanggung jawab pemuda sangat strategis.

“Guna terus gelorakan semangat Sumpah Pemuda bagi muda mudi kaum milenial masa kini, DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta menggelar pentas. Mengapa pentas seni? Ada tarian seru, ada tarian Rampak Singo Barong juga ada Tarian Yoga Anaruga. Dipadu dengan teknologi informasi, peserta bisa selfi, ngevlog, bikin youtube dengan tema kebangsaan dalam perspektif kebudayaan. Ini media yang disenangi kaum muda,” ujar Endro Sulaksono, Ketua Panitia Sumpah Pemuda DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta, Ahad, 3 November 2019.

Endro Sulaksono yang juga anggota DPRD Kota Yogyakarta menyampaikan bahwa acara sore itu selain mengundang jajaran pengurus Partai, anggota Fraksi, juga masyarakat sekitar.


Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta Eko Suwanto menambahkan bahwa hari ini dan masa dengan tantangan dan ancaman yang makin besar, pemuda diharapkan dapat mengambil peran sejarahnya dalam mengatasi segala tantangan dan ancaman terhadap bangsa dan negara.

“Ancaman kapitalisme, intoleransi, radikalisme, terorisme, korupsi dan separatisme ada didepan mata. Kita kaum muda tidak boleh tinggal diam. Ayo para pemuda menjadi pelopor pergerakan perjuangan kebangsaan untuk menyelamatkan NKRI berdasar Pancasila. Melalui peringatan Sumpah Pemuda ini kita ajak kaum muda menjadi pelopor Pancasila, pelopor Persatuan Indonesia” ujar politisi muda PDI Perjuangan Eko Suwanto yang menjabat Ketua Komisi A DPRD DIY.

FULL

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Harus diisi *

0 komentar