Menikmati Kopi Nganjuk di Srawung Ngopi di Area Turis Yogya


MARKNEWS.ID, Yogyakarta – Bagi para penikmat kopi di area turis di Yogyakarta bisa datang ke Srawung Ngopi. Berlokasi di Jalan Prawirotaman 3 Yogyakarta yang menjadi salah satu tempat banyak wisatawan luar dan dalam negeri.

Nah, warung kopi ini menyajikan kopi khas Nganjuk Jawa Timur. Rasanya, dipastikan maknyus. Komposisi kopi, gula dan air seduhan yang tepat membuat rasanya semakin nikmat.

“Biji kopi disangrai dengan wajan tanah liat, rasa kopi lebih nikmat,” kata Haji Agus Nizar,  pemilik kedai Srawung Ngopi, Sabtu, 20 Juli 2019.


Srawung Ngopi memang menonjolkan cita rasa kopi Nganjuk. Kopi asal Jawa Timur ini sudah memperkaya khasanah kopi Nusantara.

Sesuai namanya, Srawung, yang dalam kosakata bahasa Jawa berarti bergaul, bersilaturahmi atau berinteraksi dengan sesama pun, termasuk dengan orang yang belum dikenal sekali pun. Srawung juga berarti menonjolkan keakraban antarsesama. Di sinilah tempat nyaman untuk bergaul.

“Srawung Ngopi ini bisa menjadi tempat bersilaturahmi dengan penuh keakraban dan santai. Srawung Ngopi yang tempatnya luas dan terbuka,” kata dia.


Srawung Ngopi berada di halaman belakang Hotel Sunarko. Kedai kopi ini sekaligus sebagai fasilitas pelengkap hotel yang berada di Prawirotaman yang akrab disebut kampung bule, karena banyak turis asing menginap dan menikmati suasana Yogyakarta di daerah itu.

Haji Agus Nizar mengatakan, kopi asal Nganjuk sudah terkenal di Indonesia. Salah satu penghasil kopi Nganjuk di daerah Sawahan dan Warujayeng. Untuk mencukupi kedai kopinya, ia mengambil langsung dari petani kopi di Nganjuk.

“Untuk mengawali saya ambil 30 kilogram biji kopi dari petani,” kata Nizar.

Biji kopi yang dibelinya itu digiling dan disangrai  sendiri. Karena ia ingin menghasilkan kopi Nganjuk yang khas.

“Penikmat kopi pasti bisa merasakan perbedaan rasanya,” kata dia.

Kopi Nganjuk merupakan jenis robusta. Namun warga Nganjuk jarang mengatakan kopi dari daerahnya jenis robusta. Mereka hanya menyebut kopi Nganjuk.

Di Srawung Ngopi Haji  Nizar sendiri yang menjadi barista. Dia merupakan penikmat kopi yang sudah paham betul cara menyajikan kopi yang mantap.

Pria dengan  hobi nge-trail ini menjamin, kopi yang disajikan di Srawung Ngopi adalah kopi murni. Bukan kopi sasetan yang banyak beredar di pasaran, atau angkringan. Karena banyak yang jualan kopi yang sudah dicampur seperti dicuri kedelai, jagung dan beras.


Di Srawung Ngopi ini juga menyediakan americano kopi. Bahan dasarnya tetap kopi dari Nganjuk. Kopi ditubruk lalu disaring dengan alat khusus.


Perlu diluruskan agar awam tahu, Americano coffee itu berarti kopi Amerika. Namun  itu hanya nama penyajiannya saja, yakni kopi tanpa gula.


Selain menyajikan kopi Nganjuk yang sudah melengenda, Srawung Ngopi juga memberikan fasilitas gratis bagi konsumen perempuan. Fasilitas ini sekaligus untuk memasyarakatkan kopi bagi kaum hawa. Juga bagi yang kuota internetnya tipis, Srawung Ngopi menyediakan Wi-fi kencang tanpa batas.

Di Srawung Ngopi tidak melulu menjajakan kopi. Menu makanan,  dan minuman lain juga ada, terbilang lengkap. Menu makanan antara lain zupa soup, lasagna, spaghetti, potatos bolognise, meat lovers, nasi goreng, bakmi, pisang bakar dan roti bakar.

Untuk minuman selain kopi Srawung atau Kopi Nganjuk, yang menjadi identitas kedai kopi, juga ada kopi espresso, kopi susu, teh tarik, milk shake (coklat, vanilla, green tea, red velvet, taro), leccy tea dan lainnya.

“Tempat parkir sangat luas. Bus rombongan wisatawan juga masuk,” kata dia.


Untuk saat ini Srawung Ngopi beroperasi mulai pukul 15.00 sampai 22.00 WIB. Kalau weekend menyesuaikan, jam operasional bisa ditambah.

Ridwan A, penikmat kopi asal Klaten Jawa Tengah  mengatakan, Srawung Ngopi menjadi wahana baru untuk tempat nongkrong di Yogyakarta. Lokasi representatif, cocok untuk bersantai dan bercengkerama bersama teman.  
Kopi khas Nganjuk yang disajikan juga mantap. Berbeda dengan kopi dari tempat lain.

“Ini sungguh beda. Kopinya terasa nikmat, maknyus banget,” kata Ridwan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Harus diisi *

0 komentar