Anang dan Hasoe Angon 34 Seniman Mancanegara Tanpa Batas


MARKNEWS.ID, Yogyakarta – Sebanyak 34 seniman dari 17 negeri mengikuti Yogyakarta International Art Festival (YIAF) 2019. Anang Batas dan Hadi Soesanto, dua seniman multi talenta mengkoordinir para seniman itu.

Para seniman juga mengeksplorasi karya seni di kawasan wisata Seribu Batu hutan Pinus, Mangunan, Bantul, 14 September 2019. Anang dan Hasoe menemani dan angon mereka  dengan telaten.



Ada yang melukis gunung maupun coretan-coretan mirip motif batik dan tema lain. Karya-karya seni rupa tersebut merupakan ungkapan maupun respons pengalaman mereka selama lima hari berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Mereka  datang ke Yogyakarta untuk melihat situasi terkini, belajar secara langsung tentang budaya,” Anang Batas, panitia penyelenggara dari Satab G’nana Foundation.


Hasoe, penggagas YIAF mengungkapkan agenda tersebut sudah tiga kali berlangsung sejak 2015. YIAF tahun ini peserta diajak berkeliling Daerah Istimewa Yogyakarta untuk belajar mengenai banyak hal.

“Mereka melukis di Pinus Mangunan merespons apapun yang menarik menurut mereka,” kata dia.



Menariknya, para seniman itu ke Yogyakarta secara mandiri, berbekal informasi dari rekannya sesama seniman yang dua tahun silam datang ke DIY. Panitia memberi banyak fasilitas.  

“Hasil karya seni mereka dipamerkan di Borobudur,” kata dia.


“Di sini kita bisa melihat langsung proses pembuatan karya. Seniman dari berbagai negara yang datang ke Yogyakarta selalu berbeda dari tahun ke tahun,” tambah Hasoe.

Anang Batas, menambahkan inilah wujud dari pertukaran budaya yang terjadi secara riil. Sebelumnya di Tebing Breksi Sleman, mereka ikut festival Folklor.  Lalu   dijak ke Hutan Pinus Mangunan untuk melukis dengan latar belakang alam.

“Untuk teman-teman di luar negeri, referensi dari teman dan kerabat itu jauh lebih dipercaya. Seniman-seniman ini pasti gethok tular bahwa Yogya itu indah,” kata Anang.

FULL

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Harus diisi *

0 komentar